Friday, August 11, 2017

Bashkortostan - Negara Bagian Rusia Dengan Penduduk Muslim Terbesar

Bashkortostan merupakan negara bagian Rusia dengan jumlah penduduk sekitar 4.1 juta jiwa (2002). Berjarak sekitar 2 jam penerbangan dari Moskow, Negara republik ini merupakan negara bagian dengan mayoritas penduduknya memeluk Agama islam.




Selama pemerintahan Uni Soviet Agama memang diberantas, tapi setelah runtuhnya, agama di Rusia kembali hidup. Puncaknya pada masa pemerintahan presiden Putin, kebebasan beragama benar-benar dipulihkan.

Masjid Dengan Kubah Berlapis Emas 

Bashkortostan - Negara Bagian Rusia Dengan Penduduk Muslim Terbesar
Masjid Agung Salavat Yulayev  di Kota Ufa - Bashkortostan
Islam berkembang cukup pesat di Rusia dan sekarang telah menjadi agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks.

Kristen Ortodoks di Rusia, tidak sama dengan agama kristen pada umunya. Mereka merayakan natal pada tanggal 7 Januari, wanitanya mengenakan kerudung, mereka juga memiliki perintah berpuasa, dan bangunan gereja ortodoks memiliki kubah seperti masjid.

Syeikh Imran Husein seorang ulama pakar ilmu akhir zaman, dalam menafsirkan beberapa ayat alquran tentang Akhir Zaman percaya bahwa, Sekutu umat islam pada akhir zaman adalah dari Golongan Kristen Ortodoks ini.

Di Kota Ufa (Ibukota Bashkortostan) sedang dibangun sebuah masjid Agung Salavat Yulayev yang mempunyai kubah berlapis emas setinggi 46 meter, dengan empat menara setinggi 74 meter.

Di benua Eropa, masjid Agung Salavat Yulayev mempunyai kubah tertinggi kedua setelah masjid Sulaimaniyeh di Istanbul (Turki) yang memiliki kubah setinggi 53 meter.

Masjid yang dibangun sejak tahun 2007 dan diperkirakan selesai tahun ini, dapat menampung 3.000 jamaah. Masjid ini juga berfungsi sebagai Islamic Center, karna akan dilengkapi dengan madrasah dan perpustakaan.

Menurut data saat ini, total jumlah masjid di Rusia sekitar 7.500 dan bertambah 20-25 masjid tiap tahunnya.

Bermazhaf Hanafi

Muslim di Bashkortostan merupakan muslim Sunni bermazahab hanafi. Terdapat juga sebagian kecil masyarakatnya bermazhab syafii. Tariqat Naqsyabandi dan Shazili juga memiliki pengikut di negeri ini.




Syeikh Talgat Safa Tajuddin adalah Mufti di Rusia, yang merupakan pemimpin Islam tertinggi di Rusia untuk masalah administrasi keagamaan yang berkantor di Moskow. Beliau adalah seorang intelektual lulusan dari Universitas Al Azhar, Kairo di Mesir

Waktu shalat di Ufa (Ibu kota Bashkortostan), Magrib masuk pada pukul 20.30, Isya 10.50 dan Subuh pukul 02.00 pagi. Jadi jarak antara Isya dan Subuh kurang lebih sekitar 3 jam, ini dikarenakan waktu malam di Ufa jauh lebih singkat dibandingkan siang harinya.

Sumber:
- Wikipedia - Bashkortostan
- travel.detik.com - hangantnya islam di rusia
- Image source : https://en.aegeanair.com/discover/destinations/ufa/