Sunday, July 2, 2017

Download Terjemahan Kitab Minhajul Abidin (Wasiat Imam Ghazali)

Download Terjemahan Kitab Minhajul Abidin

Download ebook terjemahan kitab imam Al-Ghazali Minhajul Abidin atau yang dikenal juga dengan Kitab Wasiat Imam Al-Ghazali. Kitab ini tergolong kedalam kitab tasawuf, berisi tahapan-tahapan mensucikan hati untuk mencapai Ma'rifatullah. Kitab ini dibagi menjadi 7 BAB pembahasan.

Bab 1 : Tahapan Ilmu dan Ma'rifat
Bab 2 : Tahapan Taubat
Bab 3 : Tahapan Godaan
Bab 4 : Tahapan Rintangan
Bab 5 : Tahapan Pendorong
Bab 6 : Tahapan Cacat-cacat (cela)
Bab 7 : Tahapan Puji dan Syukur

Video Kajian Kitab Minhajul Abidin

Video kajian kitab Minhajul Abidin Kitab karya imam Al-Ghazali oleh Buya Yahya, pengasuh pondok pesantrena Al-Bahjah



Tapi sebelumnya, berikut sekilas tentang Imam Ghazali yang dikutip dari Buku Perkembangan dan Pemurnian tasawuf karya Buya Hamka.

Pada abad ke empat, ada tiga ilmu yang sangat berkembang dalam islam yakni ilmu tasawuf, ilmu kalam dan ilmu fiqih. Fisafat Yunani dan lain-lain telah masuk ke dalam masyarakat Islam saat itu. Sebagaimana telah dipergunakan menjadi bahan perbandingan. Soal-soal ganjil pun timbulah, karena kesungguhan mencari, kerap kali terjadi perselisihan dan pertikaian.

Ketika itu berkembang pula mazhab Ismailiyah, yaitu suatau mazhab atau ideologi hendak mengembalikan kekuasaaan keturunan-keturunan Ali bin Abi Thalib ke atas singgasana kerajaan. Ismailiyah merupakan salah satu cabang yang sangat keras (ekstream) dalam kaum Syiah.

Menurut dasar kepercayaan  mereka yang sengaja dirahasiakan, dunia ini harus diatur oleh Imam. Imam itu menerima ketentuan daripada Rasulullah sendiri. Adapun Imam yang nyata ada 12 orang. Sesudahnya yang 12 itu, gaiblah imam itu di dalam satu bukit bernama Ridhawa.

Di akhir zaman dia akan datang kembali ke dunia ini membawa keadilan dan kesuburan. Sekarang kedatangannya masih ditunggu, sebagaimana orang Nashrani menunggu Isa Almasih dan orang yahudi menunggu Mesias. Sementara menunggu sang imam,  yang ada hanyalah wakil-wakilnya. yaitu Naqib. Naqib berjumlah 12 orang, dibawah Naqib itu adalah Da'id-du'aat.

Kau Syiah tidak putus-putusnya berusaha mengembalikan kekuasaannya kepada keturuan Ali. Dimana-mana tetap ada gerakannya, kadang-kadang berhasil, terkadang gagal, sampai berdiri daulat Fathimiyah di Afrika dan sampai menguasai Mesir.

Rupanya cara membuat propaganda yang tersembunyi itu telah berjumpa pula dengan kaum sufi yang juga suka bersembunyi dan berahasia. Kepercayaan tentang adanya imam Ghaib itu telah berpindah kedalam kalangan kaum sufi yang mempunyai dasar kepercayaan adanya "Waliulaah".

Dekatnya hubungan kaum Sufi dan Syiah, menyebabkan pandangan sebagian besar kaum Sunni yang bergabung dalam empat mazhab, ditambah lagi dengan Mazhab-mazhab zahiri, Sayuthi, dan Auzai (Mazhab ini telah musnah), bertambah buruk kepada Tasawuf.

Pada pertengahan abad ke lima muncullah seorang besar yang dapat mendekatkan atau mempertautkan kembail segala perpecahan yang terjadi itu. Orang itu adalah Abu Hamid Al-Ghazali 450-505 H. (1057 - 1111 M).

Lihat juga beberapa postingan dalam blog ini tentang Imam Ghazali.

  1. Komentar para ulama tentang Imam Ghazali
  2. Download Terjemahan kitab Kimia Kebahagiaan
  3. Download Kitab Terjemahan Mukaasyafatul Qulub.

Inilah pribadi besar yang sukar bandingannya, yang telah menjadi nikmat Allah kepada kaum muslimin di zaman keragu-raguannya menghadapi pertumbuhan zaman.

Dia hidup di zaman Nizamul Mulk, seorang Wazir besar dari kerjaan Bani Salju, yang telah berhasil mendirikan sekolah-sekolah tinggi buat memperdalam penyelidikan tentang agama dan perkembangannya.

Dr. zwemmer, seorang ahli penyelidik Protestan yang terkenal, mempunyai kesan bahwa, Sesudah nabi Muhammad Saw. datanglah dua orang besar untuk menyempurnakan agamanya. Pertama Imam Bukhari yang mengumpulkan hadisnya, dan al-Ghazali yang menguraikan pahamannya.

Download Kitab Minhajul Abidin.


Kitab ini berbentuk ebook dengan filetype .djvu, sehingga untuk dapat membaca ebook ini diperlukan program tambahan.



Pengguna Android.
Untuk Pengguna Smartphone Android bisa install Djvu reader dari Google play, klik link berikut untuk menginstall dari Google Play : djvu Reader.

Pengguna PC/Laptop
Program Djvu reader bisa anda download melalui link berikut ini : Djvu reader.

Ebooknya bisa anda download melalui link berikut ini : Download Ebook Terjemahan Minhajul Abidin.

Untuk mendownload kitab-kitab yang lain, silahkan buka halaman download pada blog para pejalan di sini : Halaman Download. Demikian, semoga bermanfaat, Wassalamualaikum.