Tuesday, July 25, 2017

Download Terjemahan Kitab Bidayatul Hidayah Imam Al-Ghazali

Download Terjemahan Kitab Bidayatul Hidayah Imam Al-Ghazali

Kitab bidayatul hidayah merupakan kitab yang ditulis oleh Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali. Diberi gelar Hujjatul Islam, karna Imam Al-Ghazali hampir menguasai semua riwayat Hadits dari Nabi saw.

Imam Ghazali juga mempelajari semua disiplin ilmu termasuk ilmu Filsafat yang Dia kuasai secara mendalam. Terlepas dari semua disiplin ilmu yang dikuasai oleh Al-Ghazali, Beliau paling dikenal dengan fakar Ilmu Jiwa, Fakar Ilmu membersihkan hati, fakar ilmu untuk menata hati, sehingga hadirlah sebuah kitab besar yang fenomenal karangan Beliau yakni Kitab Ihya Ulumuddin.

Download terjemahan 3 Jilid Kitab Ihya ulumuddin pada postingan sebelumnya : Download Kitab Ihya ulumuddin.

Kembali kepada kitab Bidayatul Hidayah, Kitab ini merupakan kitab wajib bagi para pemula yang ingin menggapai Hidayah Allah. Kitab ini membahas, proses seorang hamba berjalan menuju Hidayah Allah, dimana seorang Hamba sangat membutuhkan pertolongan dan bimbingan dari-Nya, Amalan apa saja yang harus dilakukan, halangan yang mungkin merintangi, dan berbagai hal yang mungkin didapati dalam perjalanan tersebut.


Kitab ini secara garis besar berisi tiga bagian. Yakni bagian tentang adab-adab ketaatan, bagian tentang meninggalkan maksiat, dan bagian tentang bergaul dengan manusia, Sang Maha Pencipta dan dengan makhluk lainnya.

Menurut al-Ghazali, jika hati kita condong dan ingin mengamalkan apa-apa yang ada di buku ini, maka berarti kita termasuk seorang hamba yang disinari oleh Allah dengan cahaya iman di dalam hati.


Muqaddimah Kitab Bidayatul Hidayah


Berikut saya kutipkan Muqadimah dari Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah. Al-Ghazali mengawali kitab dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi penyayang. Pujian bagi Allah, serta shalawat dan salam kepada junjungan Alam nabi besar Muhammad saw.

"Katakanlah, sesungguhnya petunjuk yang benar adalah miliki Allah"

Ketahuilah wahai orang yang bersemangat dalam menimba ilmu agama, yang terlihat dari dirinya kesungguhan cinta dan tingginya dahaga kepada pengetahuan agama; bahwa jika engkau di dalam mencari ilmu memiliki tujuan untuk bersombong, merasa lebih dari orang lain. mencari pujian dihadapan manusia dan mengumpulkan materi dunia dengan memperalat ilmu agama untuk kepentingan nafsu belaka, maka sesungguhnya engkau telah melangkah dalam menghancurkan agamamu, merusak jati dirimu, dan menjual akhiratmu demi duniamu.

Dengan demikian, maka akan rugi perdangangan agamamu dan akan rusak urusan akhiratmu, bahkan orang yang mengajarkan agama kepadamu seakan-akan telah menolongmu di dalam melaksanakan kemaksiatan. dia seakan-akan telah menemanimu di dalam kerugian dan dia tidak jauh beda dengan orang yang menjual pedangnya kepada para perampuk yang ingin membunuhnya.

Sebagaimana sabda Rasululluh saw :

"Barang siapa membantu, sebuah kemaksiatan walaupun hanya dengan separuh kata, maka dia dapatkan dosa yang sama dengan orang yang melakukan"

Adapun jika tujuannmu di dalam mencari ilmu adalah untuk menggapai ridha Allah dan mencari lentera hidayah dalam beribadah, bukan sekedar untuk mengetahui ataupun bercerita, maka berbahagialah engkau ! Tataplah keberuntungan di hari kiamat yang pasti akan gemilang. Para malaikat senantiasa akan membentangkan sayapnya untukmu di setiap perjalanan, serta ikan-ikan di lautan akan membacakan istighfar untukmu di dalam setiap gerakannmu.

Hanya saja sebelum melangkah lebih lanjut, ketahuilah bahwa sesungguhnya hidaya (Petujuk Allah) adalah buah hasil dari ilmu pengetahuan agama, dan bahwasanya hidayah tersebut memiliki permulaan dan akhiran, memiliki tingkatan dan urutan, meliputi bagian luar dan bagian dalam.

Sekali-kali engkau tidak akan pernah sampai ke puncaknya, kecuali setelah engkau mendaki bukit kecilnya, engkau tidak akan dapat menemukan kedalaman hakikatnya kecuali setelah memahami bagian luarnyua.

Ketahuilah, dengan Kitab ini aku ingin menunjukkan kepadamu permulaan-permulaan hidayah, agar engkau melatih hawa nafsumu dengan mengamalkan seluruh isinya, agar mengukur kebenaran pengakuanmu dengan mengistiqamahkan kandungan dan tuntunannya, dan agar menguji hatimu di dalam mengimplementasikan seluruh ilmunya.

Jika engkau mendapatkan hatimu tertarik kepada permulaan hidayah yang akan aku jelaskan dalam Kitab ini, atau engkau mendapatkan motivasi yang tinggi karena membacanya dan hawa nafsumu tunduk serta menerimanya, maka bergegaslah engkau untuk mendaki bukit hidayah, agar engkau segera mencapai puncaknya.

Menyelamlah didalam berbagai lautan ilmu agar engkau menemukan berbagai rahasianya.

Namun apabila engkau mendapatkan hatimu menunda-nunda di dalam mengamalkan isinya, padahal ia berkali-kali selalu mendengar ajakan untuk berbuat kebaikan, maka ketahuilah bahwa nafsu yang mengajak menuntut ilmu tsersebut, adalah nafsu jelek yang mengajak hanya demi memuaskan kepentingan syahwat belaka, dan semnagat yang telah ia tampakkan hanya demi menuruti bisikan setan yang terkutuk saja.

Berhati-hatilah karena pada akhirnya ia akan menjeratmu dengan tali tipuannya lalu ia akan menjerumuskan dirimu ke dalam jurang kerugian.

Sadarlah bahwa dia telah bermaksud menawarkan kepadamu keburukan dalam merk dan label kebaikan, dan sedang mempromosikan kesalahan dalam tampilan kebenaran. Semua itu ia lakukan denga gigih kepadamu agar ia mampu menipumu tanpa engkau sadar, sehingga ia dapat memasukkan dirimu ke dalam golongan orang-orang merugi, sementara engkau merasa beruntung.

Firman Allah :

"Katakanlah (Muhammad), 'Apakah perlu Kami beritahukan kepadamu tentang orang yang paling rugi perbuatannya?' (Yaitu) orang yang sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia, sedangkan mereka mengira telah berbuat sebaik-baiknya."

Download Kitab Bidayatul Hidayah


Ebook ini adalah hasil scan, tapi kualitasnya cukup bagus, file Ebooknya berupa  file *.pdf, sehingga bisa langsung di baca pada PC maupun perangkat mobile. Silahkan download Ebook Terjemahan kitab bidayatul hidayah melalui link berikut ini.

Download Kitab

Bagi yang ingin mendownload versi bahasa arab berikut juga saya sertakan link download kitab bidayatul hidayah bahasa arab.

Download Kitab Bahsa Arab

Video Kajian Kitab Bidayatul Hidayah

Video Kajiak kitab Bidayatul Hidayah karya Hujjatul islam Imam Al-Ghazali di pondok pesantren Al-Bahjah. Buya yahya



Demikian, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk like fanpage facebook para pejalan. Silahkan bagikan post ini untuk kebaikan bersama, terimakasih, wassalamualaikum